KULIAH DI UI GAK MAHAL, KOK… (biaya kuliah)

Teman-teman, berdasarkan pengalaman dan hasil ngobrol-ngobrol dengan berbagai orang, ternyata salah satu yang menjadi faktor penghalang minat siswa-siswa SMA di banyumas masuk UI adalah karena masalah biaya. Ada yang bilang kuliah di UI mahal karena unversitas favorit, ada yang bilang biaya hidup di jakarta itu mahal, ada yang bilang pergaulan di ibu kota itu mahal dan mengerikan, ada juga yang bilang beradaptasi hidup di Jakarta itu sulit. Tapi itu kan kata orang, jadi teman-teman perlu tau fakta yang ada tentang kuliah di UI. Begini nih faktanya…

Biaya kuliah di UI antara 100 ribu ampe 5 juta buat ilmu sosial dan 100 ribu sampai 7,5 juta

Biaya kuliah ini adalah biaya yang harus dibayarkan tiap semesternya. Apa maksudnya antara 100 ribu sampai sekian juta… Maksudnya adalah besaran yang harus dibayarkan oleh masing-masing mahasiswa nggak sama satu dengan yang lain. Ini karena UI menerapkan sistem BOP Berkeadilan, yaitu penetuan besaran Biaya Operasional Pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan fiinansial dari mahasiswa yang bersangkutan, dalam hal ini kemampun orang tuanya.

Misalnya ada seorang anak yang orang tuanya hanya berpenghasilan sebesar 500 ribu tiap bulannya, anaknya ada lima, yang dua masih balita, yang dua lagi masih sekolah SD. Bisa dibilang keluarga seperti ini tergolong kondisinya kekurangan. Di lain sisi, anak itu bisa digolongkan bibit unggul. Apa iya bibit unggul yang sangat berpotensi ini harus terkubur potensinya karena kendala finansial? Padahal kalau anak itu bisa mendapat pendidikan yang berkualitas bukan nggak mungkin kalau dia bisa ngerubah kondisi sosial keluarganya. Nah untuk mendapatkan bibit-bibit unggul seperti ini, UI menerapkan BOP berkeadilan tadi. Dengan beberapa syarat administrasi, pihak UI akan memberikan besaran biaya yang paling sesuai dengan kondisi keluarga mahasiswa, dan bukan nggak mungkin kalau anak itu cuma mbayar sebesar 100 ribu tiap semesternya dan tanpa uang pangkal.

Nah, lalu bagaimana dengan orang-orang yang mampu?

Orang-orang yang tergolong mampu secara finansial bukan berarti harus bayar penuh. mereka juga boleh mengajukan keringanan kok. Tentu aja dengan melangkapai syarat-syarat administrasi yang dapat menunjukkan kondisi kemampuan finansial keluarga, seperti surat keterangan penghasilan, bukti rekening listrik telpon dan air, dan sebagainya. Syarat syarat ini nanti yang akan jadi bahan pertimbangan berapa besaran biaya yang harus dibayarkan. Dan untuk orang yang memang dianggap benar-benar mampu, mungkin cuma akan dikenakan pengurangan biaya sedikit dari besaran semula.

Berikut ini data besaran Biaya Operasional Pendidikan dan Uang pangkal yang dibayarkan beberapa anggota CLUBBAN angkatan 2009

Nama : Susilo
Jurusan: Teknik Elektro
UP : 6 juta
BOP : 2,5 Juta

Nama : Pratika
Jurusan : Kedokteran
UP : 1 Juta
BOP : 500 ribu

Nama : Eva
Jurusan : Hukum
UP : 4 juta
BOP : 1 juta

Nama : Wewen
Jurusan : Teknik Metalurgi dan Material
UP : 3 juta
BOP : 450 ribu

Bisa dilihat bahwa biayanya bervariasi antara mahasiswa satu dengan lainnya.  Selain itu, jurusan sama sekali nggak mempengaruhi besaran biaya pendidikan.

Gimana, masih beranggapan UI itu mahal?

Nama

Jurusan

UP

BOP

Susilo

T. Elektro

6 juta

2,5 juta

Pratika

Kedokteran

1 juta

500 ribu

Maela

Kedokteran

3,5 juta

Eva

Hukum

4 juta

1 juta

Ratih

Ilmu perpust

Ima

Ilmu Perpust

Dyah

Biologi

Wewen

T. Metalurgi

3 juta

450 ribu

Ma’ruf

T. Mesin

Fajar

S.Arab

3 juta

75 thoughts on “KULIAH DI UI GAK MAHAL, KOK… (biaya kuliah)

      • suwegad berkata:

        melalui SIMAK UI, calon mahasiswa dari jurusan apapun dapat memilih program studi baik kategori ipa maupun ips. jadi, walaupun kamu berasal dari SMK, kamu tetap bisa memilih fakultas hukum.
        masalah diterima atau nggak, itu kan ditentukan dari hasil ujian yang kamu ikuti nanti.

      • miyambow berkata:

        kaka bagaimana dgn mahsw yg di do apakah tra bisa lanjut lagi kuliahkah…. klo ikut ekstensi berapa biayanya?

    • miyambow berkata:

      betul kaka…. tapi pada saat sidang ujian ini yang masih menjadi tanda tanya besar?… knapa do terjadi pada mahasiswa tingkat terakhir..knapa ngga terjadi pada saat tingkat dua…. klo dah tingkat terakhir apakah pantas mhsw di DO?…….. masih enakan kita kuliah di papua……………………

  1. Dicky berkata:

    mau tanya nech mas/mba dr dulu saya pngen kuliah di UI n berharap bisa nimba ilmu di luar negeri. karena kekurang mampuan saya dlm hal finansial saya jd hanya ambil D3 di univ swasta.. n keinginan utk kuliah di UI tak pernah padam maka tahun ini saya berencana mendaftarkan diri tp utk program ekstensi berhubung saya harus jg bekerja. nah, kira-kira saya bisa gk yah dpt keringanan biaya kuliahnya. mohon info n advice nya.. sangat bermanfaat buat saya.. terima kasih

  2. saefullah berkata:

    mas/mba saya berasal dari serang banten nih saya sekolah di sma 1 kibin jurusan IPA bisa nggak saya masuk di teknologi
    Impormasi ?

    Soalnya saya kepengen banget masuk di UI FASILKOM
    TOLONG DI Balas yah mas/mba ?
    terima kasih nih sebelumnya
    thank you

    • bisa banget dong…
      apalagi kamu kan dari jurusan IPA…

      asalkan mampu bersaing dengan siswa-siswa lain yang juga ingin masuk UI.
      bersaing otaknya yang pasti…

      yang penting jangan menyerah…

  3. hilma berkata:

    mas/mba… saya berasal dr SMK jrusan teknik informatika. tapi saya dan teman saya ingin masuk k FK… kira2 bsa gk y??? dan 1 lg… saya dan tman sya memiliki hambatan dalam kemampuan finansial… kira2 bisa masuk UI gk y??? mhn segera d balas… trimakasih sebelumnya…

  4. Baya talakua berkata:

    mba/mas,,,, ktx klw masuk UI Biaya nggak mahal y,,,?? trus u/ fakults HI dan sastr ing biaya smesterx brp? tlg d’bls y

  5. Della berkata:

    Kalo mau ambil farmasi ui biaya persemester berapa ? Dan apa harus bayar uang pangkal secara kas ? Tidak bisakah dicicil ?
    Cpt balas yuaa

    • Telah dijelaskan bahwa biaya semester di UI ditentukan berdasarkan kemampuan penanggung biaya pendidikan dalam hal ini biasanya orang tua. Jadi, besaran biasa kuliah per semesternya tidak ditentukan berdasarkan jurusan ataupun fakultas, apalagi jalur masuk.

      sebagai contoh:
      ada seorang mahasiswa kuliah di fakultas teknik harus membayar biaya pendidikan per semester sebesar 3,5 juta karena penghasilan orang tuanya tergolong tinggi.
      di fakultas kedokteran ada seorang mahasiswa harus membayar biaya pendidikan per semester sebesar 600 ribu karena penghasilan orang tuanya tergolong rendah.

      Untuk uang pangkal, pihak UI memberi kemudahan kepada pembayar biaya pendidikan untuk mencicil. biasanya cicilan sebanyak tiga kali.

  6. cencera berkata:

    kalau benar biaya tergantung masing – masing orang
    saya ingin tanya..
    saya sekolah di smk kesehatan bina insan cendekia. itu sekolah swasta
    apa saya bisa masuk ke kedokteran di ui,juga??
    walaupun saya belum lulus tapi target utama saya ke FKUI

  7. Nur ihsan berkata:

    saya mau tanya, apakah selain biaya di atas masih ada biaya- biaya lain untuk pembelajaran ? dan ada kuliah malam tidak ?
    trimz atas jawabannya,

  8. Khummaira Nur Fitria berkata:

    kalo misalnya dapat snmptn undangan di UI biayanya sama dengan snmptn biasa atau ngga?
    oh iya…saya sebenarnya pingin msk FK UI, tp kat ortu saya pasti mahal bgt, emang bener?
    untuk tahun 2012, biayanya brp ya?

  9. deki zulkarnain berkata:

    saya deki, mahasiswa program D3 politeknik negeri ujung pandang, bisa di beri info mengenai prosedur program alih jenjang D3 Ke S1, UNTUK jurusan administrasi bisnis/niaga, terkait biaya, dan rata2 pengakuan sks…

  10. raffy berkata:

    ass… wr.wb
    mw nanya ni mba’/mas,, sbg siswa sma, saya kurang tau cara buat mendaftar masuk UI tu kayak gimana. . . . hmm. . . bagi saya yang berada di padang, gimana sich cara mendaftarnya????? thank’s before. . . . : )

  11. suphieQ berkata:

    minatt bangett dari tain kmren cmn sdh terlnjur lanjut d DIII..jaddix tgguu klulusannn DIII rw ke UI…ad ha nomoor handphone yg bsa d hbungiiilo pengeenn tw ttng ui lbh lnjuut,,,?

  12. Triska berkata:

    Kak, saya masih SMK jurusan Multimedia spesifikasinya Desain Grafis, saya minat kuliah jurusan Ilmu Komunikasi -> Advertising, tapi saya mau ambil kelas yang Internasional, kira-kira sistem BOP diberlakukan tidak untuk kelas yang Internasional ? Terima Kasih sebelumnya :-)

  13. Teresa berkata:

    untuk persiapan tahun depan, bagaimana cara untuk masuk HI UI? apakah ada persyaratan dan ketentuan, maaf ka saya masih belum paham. terima kasih sebelumnya

  14. vieqo handariyatul masruroh berkata:

    benarkah kuliah di UI jurusan kedokteran itu sangatlah murah?
    apa alasannya?
    padahal di kota22 lainnya jurusan kedokteran atau kesehatan sangatlah mahal . tp mengapa di UI malah murah??

  15. bahar berkata:

    nama sya bahar sekarang saya duduk di kelas 11 IPS 1 saya mau kuliah di UI jurusan politik ,,,,di SMA skrng saya dapat beasiswa SMA ,,NA”” kalau di UI ada ga besiswa untuk orang uang kuran mampu,,,

  16. Adil berkata:

    asssalamualaikum,,
    saya pngen masuk hi ke ui dari jurusan komputer,,,
    smk apakah bisa???
    trus tolong masuk ui biaya masuknya brapa??
    sm opersemestr nya brapa??

  17. Febriagazi berkata:

    Saya mau tanya kak, jatah keringanan siswa bidik misi di biaya apanya ya? Di UPnya, atau di bulanannya? Atau semuanya? Trimakasih atas jawabannya

  18. Assalamualaikum…….
    Mas or mbak mau tanya, Bagaimana kalau ada teman saya yg dari non Indonesia/luar negeri pengen daftar kuliah kedokteran di UI untuk S2 or S3 itu ada nggak? terus kalo ada bagaimana prosedurnya & caranya? dan TOLONG untuk website yg pake bhs Inggris ttg procedur pendaftaran , biaya & selengkapnya itu ada nggak? kalau ada website nya apa? Sukron Jazakallohu khair……..

  19. Ka, lulusan smk jurusan multimedia bisa masuk fk engga ? Soalnya mempelajari kimia, fisika, biologi juga di sekolah. Ya kalo di SMA nya multimedia itu sama dengan ipa.

  20. Sanggih Nur Hidayat berkata:

    Selamat pagi sedulur, untuk simak program ekstensi susah ga sih, barang kali ada referensi bahkan rekomendasi dr sedulur untuk ikut simak ui tahun 2014, matur nuwun.

Tinggalkan Balasan

