Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

Temen-temen apa yang pertama terlintas dalam pikiran teman-teman ketika mendengar kata perawat? Lalu ada yang tau ga’ apa itu FIK? Gimana sejarah berdirinya FIK UI? Apa aja yang ada di FIK?, dll…

Jadi sejarah berdirinya FIK UI diawali dengan dibukanya Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) yang dulu masih gabung ma’ Fakultas Kedokteran yang merupakan hasil upaya bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Kesehatan dan lembaga terkait lain yang pada bulan Januari 1983 yang menghasilkan rekomendasi untuk pengembangan tenaga keperawatan pada jenjang sarjana (S1) keperawatan pertama di Indonesia. Pada tanggal 15 Nopember 1995, PSIK telah disahkan jadi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI). Tahun 1998, FIK-UI menerapkan kurikulum Ners. Pada kurikulum Ners ini terdapat 2 (dua) tahap program pendidikan yaitu tahap program akademik dan tahap program profesi. Lulusan tahap akademik adalah Sarjana Keperawatan yang disingkat S.Kep. dan lulusan tahap profesi adalah Ners (sebagai perawat professional). Sejak tahun 1996 FIK-UI mempunyai 4 (empat) bagian yang terdiri dari : 1) Bagian Dasar Keperawatan & Keperawatan Dasar; 2) Keperawatan Medikal Bedah, 3) Keperawatan Maternitas dan Anak dan 4) Keperawatan Jiwa & Maternitas. Namun sejalan dengan perkembangan yang terjadi khususnya terkait dengan UI sebagai BHMN, maka pada tahun 2004 FIK-UI mengembangkan bagian menjadi kelompok keilmuwan keperawatan yang terdiri atas 6 (enam) kelompok keilmuwan yaitu :

  1. Kelompok Keilmuwan Dasar Keperawatan & Keperawatan Dasar (DKKD)

DKKD ini fokusnya untuk membentuk pemahaman paradigma, profesi keperawatan, konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia serta pemahaman akan beberapa teori keperawatan, kebutuhan dasar manusia, dll. Pokoknya di DKKD ini kita bakal mengenal apa itu keperawatan, proses keperawatan, penerapan konsep dasar keperawatan dalam memenuhi kebutuhan klien, pengaruh faktor gizi terhadap kesehatan tubuh, faktor sosekbud terhadap kepadatan zat gizi yang diperlukan.

1. Kelompok Keilmuwan Keperawatan Medikal Bedah (KMB)

Keilmuan ini berfokus pada semua aspek perawatan klien dewasa dengan mengalami perubahan fisiologis dengan atau tanpa perubahan struktur pada sistes organnya juga mengidentifikasi masalah kesehatan dengan menganalisa, mensintesis informasi yang relevan dari berbagai sumber dan memperhatikan perspektif lintas budaya..

2. Kelompok Keilmuwan Keperawatan Maternitas

Kelompok keilmuan ini fokusnya pada kesehatan wanita pada usia subur, ibu hamil, ibu melahirkan, ibu setelah melahirkan, dan bayinya sampai usia 40 hari pada kondisi normal dan keluarganya, masalah kesehatan dan komplikasi yang berkaitan dengan sistem reproduksi perempuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi, serta asuhan keperawatan pada bayi baru lahir dengan resiko.

3. Kelompok Keilmuwan Keperawatan Anak

Kelompok Keilmuan ini berfokus pada pemberian asuhan keperawatan yang efektif dan aman bagi anak sesuai dengan tingkat tumbuh kembang, Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) dan pediatrik social, proses perawatan anak, dll.

4. Kelompok Keilmuwan Keperawatan Jiwa

Kelompok Keilmuan ini berfokus pada upaya keperawatan dalam pencegahan primer, sekunder, dan tersier terhadap klien dengan masalah bio-psiko-sosio-spiritual dan gangguan kesehatan jiwa, hubungan terapeutik secara individu dalam konteks keluarga, terapi yang diberikan dengan orang-orang yang memiliki gangguan kejiwaan maupun psikosossial, dll termasuk bagi orang-orang dengan penyalahgunaan dan ketergantungan NAPZA.

5. Kelompok Keilmuwan Keperawatan Komunitas

Kelompok Keilmuan ini berfokus pada konsep dasar kesehatan dan keperawatan komunitas, program-program kesehatan/kebijakan pemerintah dalam menanggulangi masalah kesehatan prioritas di Indonesia, dll. Di kelompok keilmuan ini juga berfokus pada area-area khusus seperti keperawatan kesehatan sekolah, keperawatan kesehatan kerja, keperawatan di rumah (“homecare”), keperawatan jiwa masyarakat, dll.

Di FIK UI sekarang juga sudah ada program Magister Keperawatan dan spesialis keperawatan yang dimulai sejak 7 September 1998 diantaranya KMB, Keperawatan Anak, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Maternitas, dan Magister Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan. Mulai tahun 2008 Program Doktor Keperawatan (S3) dibuka dan merupakan program Doktor Keperawatan pertama di Indonesia.

Khusus untuk temen-temen yang masih di bangku SMA jurusan IPA dan berniat ingin melanjutkan ke perguruan tinggi khususnya di FIK UI ada jalur masuk untuk menerima mahasiswa melalui jalur SIMAK UI, PPKB, KDSI, UMB dan SNMPTN. Buat temen-temen yang dari SMA biasanya masuk dalam program regular. Nantinya setelah diterima maka akan ada 2 tahap dalam program ini yaitu akademik (selama 8 semester dengan 114 sks mata kuliah wajib dan 2 sks mata kuliah pilihan) dan profesi (selama ± 42 minggu dengan 25 sks)

Jadi jangan membayangkan kalau perawat itu Cuma itu-itu saja kerjanya..perawat itu merupakan partner kerja dari dokter dan tim kesehatan yang lain….perawat juga bisa menjadi perawat manager, perawat peneliti, perawat, pendidik, dll

So proud to be a nurse….

 

Untuk informasi lebihlanjut dapat dilihat di http://www.fik.ui.ac.id

About these ads

19 thoughts on “Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

  1. fajrul akbar berkata:

    nm sya fajrul, sya kul di akper ,klo mw msuk fik ui program S1 non reguler ujian msuk ny ap aj ya?

    tlong di bls via email ya ………please

  2. Nur aina berkata:

    Assalamu’alaikum..
    saya sekolah di SMK kesehatan, dan rencananya ingin melanjutkan di FIK UI, untuk mendapatkan beasiswa bagaimana caranya ?
    mohon bantuannya, terima kasih .

  3. Gwe mau nanya nih gwe kan di AKPER untuk lanjut S1 di UI persyaratan nya apa aja dan biaya kuliah nya berapa ?? Please di bls ke FB q krna sangat di butuh kan sekali.tanks ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s