Biaya Pendidikan di UI

Kuliah di UI mahal???

ga tuh, kenyataanya mahasiswa yang diterima di UI bayar biaya kuliah sesuai dengan kemampuannya. yang kaya bayar banyak, yang kurang mampu bisa bayar sedikit. Ini karena di UI menerapkan sistem BOP berkeadilan. jadi dengan prosedur tertantu, mahasiswa dapat memohon keringanan sehingga biaya yang dibayarkan benar-benar sesuai denagn kondisi ekonomi yang bersangkutan. namun, sistem yang berkeadilan ini hanya diterapkan bagi mahasiswa S1 reguler. jadi kalo mau kuliah murah ya pilih S1 reguler aja lah…

tabel di bawah ini menunjukkan range biaya yang bisa dibayarkan oleh mahasiswa UI. ada BOP, yaitu biaya yang dibayarkan untuk tiap semester, dan UP, yaitu uang yang dibayarkan saat pertama masuk UI. range biaya BOP dan UP berbeda untuk masing-masing bidang IPA dan IPS.

Jalur Penerimaan BOP (per semester) Uang Pangkal(Semester 1 tahun 1)
Reguler (SIMAK-UI,SNMPTN, Prestasi) * IPA Rp. 100.000 – 7,5 juta

IPS Rp. 100.000 – 5 juta

NOL s.d 25 Jt (FK, FKG, FT, FASILKOM)

NOL s.d 10 Jt (FE, FISIP, FH, FPsi)

NOL s.d 5 jt (FKM, FIK, FMIPA, FIB)

KelasParalel ** Rp. 6 – 10 juta Rp 10 juta
Vokasi (D3) ** Rp. 4 – 6,5 juta Rp. 4 juta

6 thoughts on “Biaya Pendidikan di UI

  1. mukhlis sholihin berkata:

    saya seorang siswa sman7 pwr saya sangat ingin kuliah di ui di fkui , kondisi ekonomi keluarga saya tergolong rendah di bawah 1 jt apakah saya bisa kuliah di sana dan bagaimana syarat’y ?

    • semua calon mahasiswa bisa, asal kamu lulus SNMPTN hehe. Masalah bayaran jangan khawatir, ada mekanisme BOPB yang nantinya akan menentukan biaya kuliah kamu. Syaratnya dengan melengkapi berkas2 yang sudah disediakan. Yg ptg sekarang berusahalah untuk masuk FKUI dulu, tetap semangat!

  2. Heya i’m for the first time here. I came across this board and
    I to find It truly useful & it helped me out a lot.
    I’m hoping to offer one thing back and help others such
    as you aided me.

  3. Aku dari tangsel, tapi karna baca artikel ini, aku jadi gak takut lagi sama biaya UI yang kupikir tadinya bakal mahal banget sampe harus jual rumah (?) thankyou infonya yaa :3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s