Selamat Pada MABA

Sudah lama saya nggak ngepost di sini, nggak terasa sekarang udah akhir tahun ajaran dan saya sedang liburan. Banyak hal yang kelewat nggak ditulis mengenai proses penerimaan mahasiswa baru UI. Dengan kata lain saya kurang bisa menyediakan info yang up tu date di sini. Nggak apa-apa, namanya juga susah koneksi internet.

Oke, sekarang kampus UI udah masuk taun ajaran baru, maba-maba sudah pada berdatangan. saya ucapkan selamat pada semua mahasiswa baru yang berhasil melanjutkan studinya di UI. Saya yakin, pasti mereka telah berjuang dengan keras untuk bisa diterima di UI. di samping mahasiswa baru yang katanya adalah orang-orang terpilih ini, ternyata masih ada juga orang-orang yang walaupun sudah berjuang dengan keras tetap saja belum diterima di UI. Jangan bersedih kawan, ini semua hanya soal waktu. mungkin waktu belajar kemarin ada yang kurang, yaitu berdoa, atau mungkin kalau sudah banyaki berdoa, manin-mainnya masih terlalu banyak. atau mungkin juga nasibnya memang begitu, belum saatnya sekarang, mungkin di lain waktu. kalau masalah nasib kita nggak tau, cuma Allah yang bisa menentukan.

Bicara soal maba tahun ini, sepertinya ada perbedaan dari tahun lalu. di sini saya maksud adalah mengenai pendaftaran, proses masa orientasi dan sebagainya. mulai dari pendaftaran, tahun ini pendaftaran sebenarnya sama, namun ada yang berbeda yaitu di hari daftar ulangnya. dulu waktu 2008, mahasiswa baru cuma mendaftar, foto, pas jaket, ambil account UI, trus priksa kesehatan. sekarang maba langsung bisa dapet KTM, artinya KTM langsung dibuat di tempat, kaya di kantor polisi kalo bikin sim instan. okeh lumayan lah jadi maba bisa langsung punya identitas mahasiswa ui, langsung bisa naek sepeda kuning. selain itu untuk proses pengajuan keringanana BOP yang katanya berkeadilan, sekarang maba langsung diarahkan ke satu tempat, nggak kaya dulu yang masing-masing maba disuruh ngurus di fakultas. mungkin disini dimaksudkan untuk menciptakan kesamaan di seluruh fakultas, dalam arti standar penentuan besaran BOPnya. tapi nyatanya ya masih sama aja, semua keputusan besaran BOP masih bergantung sama fakultas dimana mahasiswa, khususnya dari SOSMA, suma bisa nonton permainan mereka. sejauh ini perbedaan yang bisa saya lihat ya itu.

Soal masa orientasi, ada juga sedikit perbedaan diantaranya tahun ini nggak ada matrikulasi untuk maba PPKB. Sekedar info, Matrikulasi di UI adalah suatu proses penyetaraan akademis bagi maba jalur PPKB. di program ini, maba tentunya harus bayar dulu karene isinya adalah belajar. yang dipelajari adalah mata pelajaran SMA, ditujukan pada mahasiswa agar setara dalam pemahaman dan kemampuan kognitifnya. alasan nggak adanya matrikulasi saya sendiri kurang mengerti. yang bisa saya tangkap bahwa dengan begini, semua maba start dari tempat yang sama, dalam arti nggak ada yang belajar duluan. alau melatih kemampuan duluan. Jadi maba PPKB tahun ini nggak datang duluan.
Selain itu, mengenai Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM), tahun ini juga sepertinya nggak ada, setidaknya itu info yang saya dapat. waktu 2008 lalu, di OBM ini mahasiswa dilatih belajar gaya mahasiswa, yaitu belajar dengan berpindah-pinda, teman berbeda-beda, jadwal yang bolong-bolong. maba juga dikenalkan dengan belajar di kelas gaya mahasiswa yang harus bisa banyak bertanya, banyak mencaritahu daripada cuma mengandalkan dosen. sebenanya OBM ini baik, tapi kenapa nggak ada, saya juga belum tahu. mungkin sebenarnya ada tapi dibuat dengan model lain.

dari perbedaan-perbedaan di atas rasanya memang nggak terlalu signifikan, dan semoga hasilnya nanti juga nngak akan berbeda dengan yang sudah-sudah, yaitu tetep bisa membawa semangat mahasiswa yang baik, tetep bisa mengharumkan nama UI, nama Indonesia.
Sekali kagi selamat pada maba-maba UI yang sudah berhasil masuk UI, semoga kalian bisa survive menghadapi pperkuliahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s