KULIAH DI UI GAK MAHAL KOK… (biaya hidup)

Pada tulisan sebelumnya, dijelaskan tentang biaya kuliah di UI yang ternyata gak semahal yang dibayangkan banyak orang. Nah, pada tulisan yang ini akan dijelaskan sedikit tentang biaya hidup mahasiswa UI yang ternyata gak semahal yang dibayangkn orang banyak. Mungkin teman-teman banyak yang beranggapan bahwa hidup sebagai mahasiswa di ibukota sama dengan hidup yang mahal. Biaya kos mahal, biaya makan mahal, kebutuhan sehari-hari mahal, dan lain-lain. Tapi kan ini kata orang. Banyak fakta yang orang-orang belom tau yang mungkin akan membuat orang berubah pikiran dan berkata “wah, ternyata kuliah di UI gak semahal yang dibayangin ya…”

Berikut ini fakta mengenai biaya hidup mahasiswa di UI.

KOST-an di lingkungan UI berkisar 125rb – 1.3jt per Bulan, tapi fasilitas juga sesuai harga
Di sekitar UI ada banyak wilayah isinya kos-kosan mahasiswa. Ada di Kutek, Kukel, Barel, Kober, Pocin, dan lain-lain. Biaya kosan biasanya disesuaikan dengan aksesibilitas dan jarak kosan ke kampus. Misalnya di kutek bagian belakang yang lebih jauh jaraknya dengan fakultas teknik, harganya tentu beda dengan wilayah kutek bagian depan yang lebih deket dengan fakultas teknik.
Selain itu, biaya juga disesuaikan dengan fasilitas yang ada. Misal kos-kosan yang ada kamar mandinya di dalem kamar, ada sambungan internetnya, pake AC,  bisa sampe 600 ribuan per bulannya. tapi itu kan yang wah. Standarnya si kosan itu udah ada kursi, meja belajar, kasur dan tempat tidur, dan lemari pakaian. Kalau yang standar gitu aja rata-rata bisa 250 ribu sebulan tapi masih bisa dicari yang lebih murah. Nah kalo yang fasilitasnya standar trus jaraknya agak jauh, juga bisa lebih murah lagi.
Untuk mahasiswa baru, terutama temen-temen dari luar Jabodetabek, temen-temen bisa mendaftar untuk jadi penghuni asrama mahasiswa UI. Asrama mahasiswa UI tentu aja gak seperti asrama militer yang punya sederet aturan harian. Bisa dibilang asrama ini hampir sama dengan kos-kosan, tapi dengan aturan yang sedikit lebih ketat. Asrama mahasiswa ini memiliki 1250 kamar yang dikelola oleh pihak UI yang disediakan khusus untuk mahasiswa UI.
Enaknya tinggal di asrama yang pertama adalah biaya per bulannya tergolong murah, yaitu 160 ribu rupiah tiap bulannya. dengan 160 ribu itu kita udah dapet kamar dengan kasur dan tempat tidur, meja belajar, lemari pakean yang besar, dan rak buku. Itu aja udah cukup nyaman kok sebagai tempat tinggal mahasiswa. Coba aja bandingin dengan biaya kosan. Apalagi di asrama ini, udah tersedia kantin, jasa laundry, mini market, juga tempat usaha mahasiswa semacam koperasi.
Yang kedua, di asrama kita bisa dapet banyak kenalan, terutama dari daerah lain se-Indonesia. Ini karena asrama memang tempatnya anak-anak UI yang berasal dari luar jabodetabek. Ada yang dari Aceh, ada yang dari Medan, ada yang dari Banyumas, ada yang dari Bali,  dari Papua juga ada, pokoknya banyak deh. Dengan mengenal teman-teman dari berbagai daerah lain, tentunya akan menambah wawasan nusantara kita. Kita juga lebih bisa menghargai keragaman budaya yang ada di Indonesia. Selain itu, kita akan merasa lebih termotivasi karena berkumpul dengan orang-orang yang bisa dibilang senasib sepenanggungan, yaitu sebagai mahasiswa yang pergi merantau untuk mengejar cita-cita.
Sayangnya tinggal di asrama ada batas waktunya. jadi kita nggak bisa selamanya di asrama. ini karena tiap taun, asrama harus ada yang dikosongkan untuk mahasiswa baru.
Di sini juga ada tempat buku murah, ya meski bekas… tapi yang asli juga ada n bisa didapat setengah harga di toko buku

Kalo tentang biaya makan… sekali makan kita bisa habisin duit minimal Rp 3.500,00 lah.
Masalah yang satu ini tentu aja nggak boleh kita lupakan karena sebagai manusia kita kan pasti butuh makan. Apalagi kita butuh energi dan nutrisi untuk menunjang aktivitas kita di kampus. nah, 3500 yang disebutkan di atas merupakan makanan yang terdiri dari nasi, satu jenis sayur dan sepotong lauk yang bukan daging. Misalnya nasi, sayur kangkung, tempe  goreng. Bisa juga nasi, sayur sop, oseng tempe. Makan gitu aja udah cukup kenyang kok. Kalau mau lebih bernutrisi, bisa tambah telur ayam, goreng atau rebus atau dadar. misalnya nasi, sayur sop, telur balado, kira-kira 4000 rupiah. kalau mau daging ayam atau ikan atau daging sapi, harganya bisa 6000 rupiah atau lebih
Untuk makanan, tentu kita harus bisa mengatur sendiri pengeluaran sesuai dengan uang yang ada. jangan sampe hari ini makan di restoran, eh besoknya gak makan seharian.

12 thoughts on “KULIAH DI UI GAK MAHAL KOK… (biaya hidup)

  1. chabib berkata:

    Sy punya anak skrg kls 3 IPA, minat banget ke kedokteran UI, kira2 biaya kuliah & praktek berapa ya sampai selesai.
    Alternatif lain, dia juga minat di psikologi.
    Karena sy kurang mampu, Tolong sy dikasih gambaran sebaiknya pilihannya mana.
    Tks

  2. kak saya siswi kelas 3 sma, saya berminat masuk FK UI biaya masuk saya sudah tau 25 juta. tapi biaya praktek dsb kira kira berapa ya kak ? saya sangat mohon bantuannya untuk bayangan saya nanti. thanks before🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s