Cerita dari Teman Kita di UI : Udin

Teman-teman, banyak yang bilang masuk UI atau universitas favorit itu susah. banyak yang bilang kita harus punya kemampuan akademik yang sangat-sangat baik. Apa iya lah?
Nggak juga kok. Buktinya satu temen kita yang punya cerita ini. Di sini dia ngaku kalau dirinya nggak cukup pinter di sekolahnya dan yang bisa bikin dia masuk UI adalah motivasinya.
Ini bukan berarti orang yang masuk UI itu nggak punya kemampuan akademis yang baik. Emang sih kemampuan akademis itu penting . Namun,terkadang untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan, kita nggak cuma butuh kemampuan, kita juga butuh mimpi, motivasi, keinginan yang kuat dari dalam diri kita. Okeh, langsung aja kita baca ceritanya…


Sebelumnya…
ada yg percaya g klo seorang Baharudin Taufiq Rizkytata kuliah di Universitas terbaik di Indonesia??
orang teman2ku aja mpe sekarang banyak yg percaya aku kul dUI..
yg paling ngenes tuh y para guru2 SMAku…
“masa salah satu anak yg termasuk nggak pinter di SMAN 2 Purwokerto bisa kul dUI??,
di unsud aja udh untung2n koh”, kata seorang guru bahasa di sekolahku…
jujur saja,
saya memang merasa sebagai anak yg nggak pintar, bahkan mungkin paling nggak pintar di kelasku…
bayangkan,
nilai rata2 raport tiap semester yg paling tinngi tuh y cuma 7,7…
dan yg paling membuatku tambah percaya diri sebagai orang terbego adalah nilai Ujian Nasionalku…
Matematika dan biologi 5…
Kimia 9 (sombong)…
indonesia, inggris dan fisika 7….
klo dilihat dari segi nilai memang benar kn apa yg dikatakan oleh guru dan teman2ku….

lansung baen lah y…..

nah sekarang, mari kita kupas tuntas, ‘Apa yg membuat anak setidak pintar udin bisa kuliah dUI’???
jujur saja…
niatku kuliah di UI bukan karena tuntutan orang tua tapi karena ada seseorang yang kuliah disana…
siapa dia???
dia adalah seorang wanita…
bisa dibilang “cem-ceman” gt lah…
sebut saja dgn inisial “DJ”…
haha….
nah berhubung dia ketrima PPKB UI waktu itu…
saya yg g mau kalah dengan dia merasa termotivasi supaya bisa masuk UI…
bukan karena apa tapi karena seseorang wanita….
wlaupun byk teman2 yg mengatakan ku gila, “masa anak ky udin mau nyusul DJ, dUI pula”….
nah memang pada teorinya anak seperti diriku g mgkn bs masuk UI….
tapi karena aku bgtu obsesinya masuk UI demi bisa terus bersama DJ, aku berusaha belajar segila mungkin dan bahkan materi Ujian Nasional aku abaikan…

keempatan pertama SIMAK-UI aku lewatkan karena terlambat mendftar……
dengan bermodalkan nekat, saya mendaftar melalui jalur SNMPTN, usaha yg tak mengenal lelah, betul2 berdoa kepada Allah serta meminta doa restu kepa keluarga, teman2 serta guru2(sebelumnya aku dh diterima di elektro unsoed) betul2 membuatku semangat pada hari ujian itu…
singkat kata dimalam pengumuman, saya bersama teman2 ngenet di BLITZ(depan SMAN2 Purwokerto) yg sebenarnya hanya ingin bermain game online…
secara tak sengaja temanku membuka pengumuman dan melihat namaku tercantum dalam daftar anak yg diterima…
tp sebelumnya aku g tau ketrima di mana cz waktu tu aku milih IPC (Bioproses UI, akuntansi UGM, kedokteran UI)..
setelah aku lihat menggunakan nmr peserta, eh ternyata MAKARA UI yg berwarna kuning menghiasi namaku….
SELAMAT KEPADA BAHARUDIN TAUIQ RIZKYTATA ATAS DI TERIMANYA SAUDARA DI UNIVERSITAS INDONESIA, FAKULTAS TEKNIK, DEPARTEMEN TEKNIK KIMIA, PRODI TEKNOLOGI BIOPROSES….
dan apa yg terjadi pada saat itu????
saya menangis di depan umum cuy(padahal sebelumnya lg asik maen Counter strike), di depan puluhan orang yg ada di dalam BLITZ….
sebenarnya malu, tapi ini refleks atas semua apa yg telah aku usahain selama ini berbuah manis….
orang2 di dalam BLITZ heran melihatku, namun setelah mereka tahu apa yg sebenarnya terjadi mereka memberiku selamat..
betul2 susasana sangat tak bisa diungkapkan dengan kata2 pada saat itu dan tak akan pernah saya lupakan….
(jangan dibayangkan y, jd malu, haha)…
cb bayangin seorang udin bs ketrima UI….
betul2 diluar akal sehat semua orang…
apa lagi motivasinya cm pgn tetep bersama DJ(bisa dibilang motivasi yg cukup gila)…
namun aku percaya…
walaupun kita di awal(masa SMA) merasa atau memang bodoh…
jgn pesimis dan merasa kalah saing,…
justru usaha dan doa yg lebih mujarab…..
mau pnter kaya apa di SMA tapi g ada usaha dan doa….
saya yakin mimpi orang itu tak akan tercapai…..
karena semua mimpi itu bakal terwujud hanya dari satu kata yaitu….

….MOTIVASI….

asal kita memiliki motivasi (entah apapun motivasi itu) aku yakin pasti kalian akan betul2 berusaha semaksimal mungkin demi mencapai atau memenuhi motivasi itu…..
(walaupun motivasiku demi DJ tapi yg penting sukses masuk UI mbok lah, haha)
so….
biar kita bego dan entah kata orang lain kita ini gila atau hanya sang pemimpi,
namun kita semua memiliki hak untuk mendapatkan temapat kuliah terbaik di indonesia…
dimana lagi selain di UNIVERSITAS INDONESIA….

kami menunggu kalian wahai calon keluarga CLUBBAN-UI…

kami adalah kelurga kalian dUI…..

Ya… itu dia tadi curhatnya Udin tentang gimana dia bisa masuk UI. Inget, yang penting adalah motivasi karena keinginan dan dorongan dari dasar hati kita sendiri akan membawa kita melangkah mendekati apa yang kita cita-citakan.

8 thoughts on “Cerita dari Teman Kita di UI : Udin

  1. Muhammad Rezky berkata:

    Wkwkwk Ngakak Parah Ngebacanya :v , Walaupun Aku Masih Kelas 3 SMP Tapi Sudah Membaca Kisah Kisah Sukses Masuk UI!!

    – Thx Ya Ceritanya….🙂

Tinggalkan Balasan

