Jangan Takut Kuliah di Kota Besar

Orang pandai dan beradab tidak akan diam di kampung halaman

Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang

Merantaulah, kau akan mendapatkan pengganti dari kerabat dan kawan

Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang

Suatu sajak dari Imam Syafi’I itu benar-benar membuatku lebih termotivasi untuk menjalani hidup. Hidup untuk merantau dan menimba ilmu di negeri orang. Awalnya aku takut dan juga khawatir jika harus pergi ke luar kota, secara aku tidak mempunyai pengalaman untuk pergi dari kampung halaman. Namun saat ini, aku benar-benar menikmati menjadi seorang anak rantau.

Ya, banyak pertimbangan memang kalau kita memutuskan untuk pergi ke luar kota. Seperti jarak, biaya, dan suasana untuk bisa beradaptasi. Banyak orang yang beranggapan, jika kuliah di kota besar maka memerlukan biaya yang cukup besar, lalu cara untuk beradaptasi karena suasana di daerah pasti akan sangat berbeda dengan kampung halaman. Tapi jangan khawatir…

Untuk masalah biaya, kita tidak usah cemas, hal itu bisa disiasati dengan mencari berbagai macam beasiswa. Banyak tawaran beasiswa yang dapat kita ambil jika kita mau. Lumayan loh, bisa buat nambah uang jajan kan. Selain itu kita juga bisa menjadi seorang guru les. Hal ini biasanya jadi favorit para mahasiswa untuk menambah uang saku, menjadi guru privat untuk SD, SMP, atau SMA. Itung-itung latihan nyari duit gitu.hehe

Dan masalah kedua, adaptasi. Intinya sebagai manusia kita adalah makhluk sosial, tidak bisa hidup sendiri. Jangan khawatir untuk beradaptasi di kota besar. Mungkin awalnya kita agak kagok, lho ko gitu, lho kok gini. Well, biasalah dulu aku juga awalnya begitu. Tapi lama kelamaan perasaan itu bakal berubah. Lama-lama keadaan itu akan menjadi biasa, dan akhirnya adaptasi itu akan berasa lancar. Kira-kira butuh waktu 1 semester lah, selanjutnya sudah mulai bisa tahu semua –ya ga semua juga sih-. Selain itu dalam pergaulan kita juga harus hati-hati, carilah lingkungan yang baik. Karena di kota besar pasti banyak bermacam-macam aliran, jadi kita harus pintar-pintar memilih lingkungan yang baik, jangan sampai terjerumus ke hal-hal yang…ya gitu lah. Kira-kira ada 4 langkah dalam beradaptasi di lingkungan kampus, antara lain:

  1. Kenalilah lingkungan di sekitar kamu melalui program-program yang ditawarkan di kampus. Seperti : BEM, HM, dan lainnya.
  2. Jangan menjadi orang yang tertutup, selalulah membuka diri dari hal-hal yang positif.
  3. Mau terlibat dengan kegiatan-kegiatan kampus. Namun, jangan semuanya kamu ikutin, sehingga tidak mengganggu pelajaran.
  4. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dengan cara bergaul dan bertanya kepada teman, senior dan alumni, bahkan dosen. Sebab, ada pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang”.

Tentunya sebagai anak daerah kita mempunyai kelebihan, yaitu motivasi. Semakin kita jauh dari orang tua harusnya kita bisa lebih prihatin. Prihatin disini maksudnya kita harus lebih bisa memenej waktu dan uang. Jangan sampai kita sekolah jauh-jauh yang ada malah nilai kita anjlog, benar-benar percuma. Sayang kan kesempatan itu jika disia-siakan begitu saja. Orang tua kita sudah susah-susah menyekolahkan kita, eh malah kita sia-siakan usaha keras mereka. Sungguh sangat menyedihkan. Maka dari itu, kita harus mempunyai motivasi yang besar. “aku disini untuk menimba ilmu”, “aku disini adalah harapan orang tua”, jadi “aku ga boleh menyia-nyiakan kerja keras mereka” tanamkan hal itu dalam diri kalian kawan sebelum memutuskan untuk merantau. Insya Allah kita bisa.

Kenapa kita sebaiknya harus merantau ke kota besar? Ya, kira-kira ada 3 keuntungan yang dapat kita ambil dari pergi merantau. Antara lain:

  1. Dengan kuliah di kota besar, maka kesempatan kamu untuk bertemu dengan orang dari berbagai daerah akan semakin terbuka. Kamu bakal bisa bertukar wawasan dengan mereka, jadi wawasan kita bakal bertambah.
  2. Kuliah di kota besar menyediakan kemudahan akses fasilitas penunjang perkuliahan seperti perpustakaan yang lengkap dan berbagai macam fasilitas Hi-tec.
  3. Dengan pergaulan yang tepat, kuliah di kota besar dapat membentuk pribadimu menjadi lebih tangguh.

So, apalagi yang buat kalian takut buat kuliah di kota besar? Apalagi yang membuat kalian untuk berfikir dua kali untuk pergi merantau?

Jadi kawan-kawan, intinya aku hanya ingin mengatakan kalo, JANGAN TAKUT KULIAH DI KOTA BESAR. Mulai sekarang siapkan hatimu dan kuatkan niatmu untuk mencari ilmu untuk kebahagiaan dunia dan akhirat. Lalu jangan lupa berdoa ya.

6 thoughts on “Jangan Takut Kuliah di Kota Besar

  1. suwegad berkata:

    Orang pandai dan beradab tidak akan diam di kampung halaman

    Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang

    Merantaulah, kau akan mendapatkan pengganti dari kerabat dan kawan

    Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang

    makasih buat ariza yang udah nulis disini

    • Titan Satria berkata:

      Lalu apa semua orang harus merantau? Terus kalo ilmu itu bisa didapat di kampung halaman/kota sendiri walaupun kampung halamannya kota yg tdk seberapa besar, knp tidak? Artinya kalo di kota sendiri ada PTN walaupun di kota kecil, knp harus merantau ke kota lain? Dan yg perlu diingat, tidak sedikit anak yg berasal dari daerah yg gagal beradaptasi dgn lingkungan kota besar…

  2. dita berkata:

    makasi banget soal tulisannya… tapi aku mau tanya, gimana caranya meyakinkan orang tua, kalau TIDAK PERLU TAKUT MENGULIAHKAN ANAKNYA DI KOTA BESAR ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s