Sedikit tentang Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia adalah fakultas kedokteran yang tertua dan salah satu yang terbaik di Indonesia. Kalian tahu STOVIA kan? Iyap betul sekali! STOVIA yang telah mencetak para pendiri Budi Utomo ini merupakan cikal bakal dari FKUI. Gedung FKUI dibangun pada tahun 1920 dan pada saat itu masih digunakan sebagai tempat kuliah mahasiswa Stovia. FKUI memang kental dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, bangga deh bisa menjadi bagian dari Kampus Perjuangan FKUI.

Kampus yang terletak di pusat kota Jakarta tepatnya di Jalan Salemba Raya nomor 4-6 ini memiliki gedung-gedung yang unik dan bernilai sejarah. Salah satunya adalah gedung ARH. Pernah dengar nama Arif Rahman Hakim kan? Beliau adalah mahasiswa FKUI angkatan 1968 yang meninggal saat peristiwa Malari 1974 dan saat itu beliau belum sempat menyandang gelar dokter di depan namanya.. Oleh karena itu, untuk mengenang jasanya, nama Arif Rahman Hakim (ARH) diabadikan sebagai nama salah satu gedung di sini.

Hanya ada satu jurusan di FKUI yaitu pendidikan dokter. Sebagai calon dokter para mahasiswa balajar memahami tubuh manusia secara keseluruhan. FKUI sendiri menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dimana mahasiswa dituntut untuk belajar lebih mandiri. Eits jangan takut dulu, disini para mahasiswa dalam belajarnya dibantu oleh dosen yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi (banyak yang bergelar professor lho). Fasilitas yang disediakan juga oke banget, perpustakaan yang lengkap, nyaman dan berAC siap digunakan 24 jam beserta unit computer yang memadai. Selain itu WIFI dengan kecepatan tinggi juga bisa dinikmati di seluruh penjuru kampus selama 24 jam. Gimana? Lengkap kan.

Mulai tahun keempat para mahasiswa sudah mulai masuk klinik dibeberapa rumah sakit terkenal di ibukota, seperti RSCM, Fatmawati, RSU Tangerang, dan lain-lain. Jadi prospek kerja lulusan FKUI sangat bagus. Buktinya banyak alumni FKUI yang sekarang telah bekerja di rumah sakit tersebut sekaligus menjadi staff pengajar di FKUI.

Gimana? Tertarik kan. Masalah biaya tak usah kalian khawatirkan. UI sendiri telah mempunyai program BOP dan beasiswa yang bisa kalian manfaatkan. Jadi bukan suatu hal yang tidak mungkin untuk kuliah di FKUI. SEMANGAT!!!


By : Pratika dan Maela Rustiana Dewi FKUI / 2009

48 thoughts on “Sedikit tentang Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

  1. Aku Shelva dari purwokerto. Pelajar SMA N Patikraja. Iah bnar. FKUI kren bget gedungnya. Aku pernah 1x masuk k situ. Di ajak keliling sama ibu aku. Ibu aku mahasiswi FKUI. Perpuz na uga oke bget. Nyaman deh.

  2. anggi berkata:

    duh.. fk ui kayk impian deh.. belum lagi keketatan nya yang 0,8 %… dri dlu aq pengen banget kuliah disana… kak tlong ksh tips nya dunk klo mw ikut simak .. biar kita2 bisa ikut jejak kakak kul disana…

  3. suwegad berkata:

    jangan bilang gitu, kalo belom dicoba siapa yang tau…

    menurutku kalo ikut simak harus usaha semaksimal mungkin, total seakan-akan simak ini adalah satu-satunya jalan

    berdoa dan berbuat baik pada orang lain juga akan membantu terwujudnya apa yang kita harapkan…

    • anggi berkata:

      makasih ya kak…..
      brarti simak itu ketat banget ya kak… oiya jurusan lain yg punya prospek bagus dan g’ trlalu ketat di ui apa ya kak?

  4. suwegad berkata:

    Ya, bisa dibilang simak itu cukup ketat.
    Wah kalo kita cari yg prospeknya bagus, pasti banyak peminatnya dong… Dan kalo banyak peminatnya jadi ketat persainganya…

    Yang prospeknya bagus tu banyak, misalnya prog.studi yg ada di teknik, fasilkom, ekonomi, hukum, komunikasi di fisip, banyak dh.
    Pinter2nya kita aja nentuin pilihan. Kan info keketatan masuk udah dikasih sama UI.

  5. yuth berkata:

    kakaaa .. aku sangat sangat ingin menjadi mahasiswi FKUI 2010
    sangaaaaaaaaaaaaat ingin 🙂
    doakan saya ka 🙂

  6. lex berkata:

    kak….
    biaya untuk masuk FKUI tahun 2010 brapa ya??apa mahal bgt ya sperti yang dicertikan orang2…aku pengen masuk sana..tapi klo mahal bgt..serasa pupus…

    tolong jawabannya ya kak….

  7. kak., yg jadi mahasiswa FK UI itu apakah orang yg hebat2?

    saya biasa aja. gak pinter2bgt. meskipun sy sgt semangat belajar, sampai2 klu ingat impiaan sy. saya jadi susah tidur…
    saya jg gak ranking…………….
    apa saya pantes jd mahasiswa FK yang menyandang nama negeri itu………??????

  8. Biarlah impian ini tertanam dalam lubuk hati…….
    Biarlah saya yang tahu
    saya harus menjadi penerus kakek saya yang pernah menjalani pendidikan di FK UI….
    atas izin ALLAH, mudah-mudahan langkah yang saya tempuh memperoleh kesuksesan atas Ridho-Nya…
    tanpa izin yang Ia berikan, semuanya tak mungkin terjadi..
    Ya Allah kuatkan langkah dan niat saya………
    Mama terus doakan saya ya……..!!!!!!!

  9. ADA BERIBU-RIBU ORANG YANG MEMPEREBUTKAN TEMPAT DI FK UI, NAMUN HANYA BEBERAPA ORANG YANG MENJADI PEMENANG……..
    DAN AKU HARUS MENJADI SALAH SATU PEMENANGNYA

  10. hilma berkata:

    kak… kira2 saya bisa masuk UI gk y??? smntara pekerjaan orangtua saya hanya memiliki kios pakaian d sbuah pasar… padahal saya sangat berminat masuk FK d UI… saya hanya ingin membuktikan bahwa gelar dokter bukan hanya untuk bagi mereka yg memiliki mobil mewah,tapi juga bisa d sandang oleh seorang gadis yg berasal da keluarga yg pas2an seperti saya… mohon d bantu k… makasih

    • ara berkata:

      setuju sekali 😀
      semoga saja pendidikan sekarang ngga memandang hanya dari segi kuantitas tapi harus dari segi kualitas 🙂
      semangat teman kita pasti bisa buktikan !

  11. Kiki butar-butar berkata:

    K” q anak smp.n.1 manokwari
    k” q pgn dech jdi mahasiswi di fkui…
    Tpi masuk di fkui x susah gk??? N biaya x mahal gak???

  12. We always play to WIN, not to LOSE
    selama hasil masi di Tangan TUHAN. GAK ADA YG GAK MUNGKIN!!
    Setuju???!!!

    see you Guy’s at FKUI..
    SEMANGAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. rian pratama berkata:

    imian q,mnjadi seorang dkter,yg berkuliah di UI,tpi aq sdikt psimis bhwa aq akn bsa kuliah d UI,mngingt keadaan org tua q yg tdk kan mmpu mmembiayai sklh q smpai k UI…
    aq hnya bs bersaha,dan brserh dri kpda yg mha kuasa,smoga aq d tnjukan jln yg trbaik,,

    ammiieennn

  14. muti berkata:

    maaf kak mau tanya nih , klo kedokteran UI itu hanya menerima lulusan SMA saja atau SMK bisa ?
    masalahnya saya sekolah smk telkom sp purwokerto , banyak yang bilang katanya lulusan SMK itu ngga bisa masuk fakultas kedokteran dan ini yg buat saya pesimis untuk melanjutkan ke kedokteran .
    mohon jawabannya kaka . terimakasih -muti-

  15. yola berkata:

    ak pgen banget masuk FKUI, tp ak sdkit pesimis ma keinginan q ini krna ak bukan org yg pinter prestasiku disekolah pas2an skrg ak udahh kelaas 3 sma ak hrap tahun depan ak bisa msuk FKUI tp ak jauh dr jakarta aq tnggal diplosok lampung jauh dr keramaian kota orangtua ku hnyalah petani petambak udang. tapi aku akan brusaha semampuku dan selalu berdoa agar apa yg aku impikan ini bisa tercapai pengen buat ortuku bangga, semoga aku bisa amiin

  16. Neilah berkata:

    ka, mw tnya klau biasanya yg jalur undangan rata2 nilai tertinggi sama terendahnya yang dtrima ke FKUI brpa ya? mksih sblumnya, tlong djwab ya ka…

  17. Dwi anggraini rizki berkata:

    . . .aq dwi anggraini rizki
    . . .santri dr Ma DEmpo darul muTtAQIEN,pagaralam, sumsel. .
    . . .u.i is the best. .
    . . .pengen msuk u.i, ,
    . . .stlh lulus sma. .
    . . .do’ain ea. . Biar lulus, ,
    . . .u.i i’m coming.

  18. Pingkan berkata:

    slmt sore, apakah siswa lulusan smk jurusan pariwisata bisa masuk fkui? sy sgt ingin msk fkui tpi skrg sy sdh trlnjur mngmbil jur. pariwisata di smk.

  19. cecep mustari berkata:

    Ka saya ank smk jurusan rpl bisa gak masuk ke UI FAKULTAS KEDOKTERAN….. saya pengen ngebahagiain orang tua

Tinggalkan Balasan

