BERITA PENTING TERKAIT SIMAK UI dan BOP-B

Assalamu’alaykum.

Untuk Teman-Teman yang kebingungan menjawab pertanyaan adik-adiknya yang diterima SIMAK UI, Teman-Teman bisa menyampaikan informasi berikut ini.

Setelah dinyatakan lulus ujian SIMAK UI jalur S1 reguler, camaba harus melakukan konfirmasi apakah akan mendaftar ulang atau tidak. Konfirmasi ini dilakukan pada tanggal 8 – 10 Mei 2010.

Setelah itu, camaba harus melakukan konfirmasi cara pembayaran, apakah membayar penuh, cicil, atau mengajukan BOP-Berkeadilan. Konfirmasi cara pembayaran ini dilakukan pada tanggal 9 – 11 Mei 2010. Perlu diketahui bahwa SETIAP camaba memiliki HAK untuk mendapatkan pembebanan biaya sesuai dengan kemampuan penanggung biaya masing-masing. Jika melihat biaya pendidikan UI S1 reguler 7.500.000/semester untuk sains dan 5.000.000 untuk humaniora, sesungguhnya itu bukanlah biaya mutlak bagi camaba tersebut. Camaba memiliki hak untuk memilih membayar biaya tersebut secara penuh dan cicil jika memang mampu. Namun camaba juga memiliki hak untuk memilih opsi cara pembayaran: mengajukan BOP Berkeadilan, untuk mendapatkan besaran yang berbeda, yaitu disesuaikan dengan kemampuan orang tuanya. Pengajuan BOP-Berkeadilan ini merupakan hak SEMUA camaba, karena BOP-Berkeadilan adalah mekanisme pembayaran, bukan bantuan untuk yang tidak mampu.

Setelah memilih opsi: mengajukan BOP-Berkeadilan, camaba dapat mengisi formulir secara online. Kemudian camaba harus mengunduh http://penerimaan.ui.ac.id/doc/2010/1/1/Form%20BOP%20UP%202010%20SIMAK.pdf lalu mengisinya dengan benar, melengkapi dengan berkas pendukung dan mengirimkan ke:

Panitia Penetapan BOP dan Beasiswa Uang Pangkal
Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI
Gedung Pusat Pelayanan Mahasiswa Terpadu
Kampus UI Depok 16424

Tanggal batas berkas BOPB diterima oleh UI (bagi yang mengajukan)     17 Mei 2010.

Hasil penetapan BOP-B dan Beasiswa Uang Pangkal akan diumumkan pada tanggal 25 Mei 2010 dan tanggal batas pembayaran biaya pendidikan adalah sampai dengan tanggal 31 Mei 2010. Perlu diketahui pula, segala kendala yang dihadapi oleh camaba dapat dikomunikasikan dengan pihak universitas. Untuk hal ini, kesma BEM se-UI dan paguyuban daerah masing-masing akan siap membantu. Namun tetap ikuti seluruh prosedur yang ada, perhatikan tanggal-tanggal penting, dan senantiasa concern terhadap pengumuman di media online maupun cetak.

Pendaftaran ulang mahasiswa baru jalur SIMAK akan dilakukan bersama dengan PPKB pada tanggal 16-17 Juni 2010.

teman-Teman, mohon bantuannya untuk menjadi agen informasi bagi adik-adik dan sekeliling kita, ya. Terima kasih sangat atas bantuannya. :)

Ridhaninggar Rindu Aninda
Kepala Departemen Kesejahteraan Mahasiswa
Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia 2010
ridhaninggar.rindu.aninda@gmail.com

sumber: bem.ui.ac.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s