Seputar pertanyaan terkait BOP-B

Dikarenakan BOP-B hanya bisa diajukan di awal, maka teruslah ajukan pertanyaan jika belum jelas, berikut pertanyaan seputar BOP-B :

1. Saya terancam nggak jadi ngambil SIMAK UI saya karena nggak mampu bayar. Bagaimana, ya?

Jawab:
Ada mekanisme BOP-B, kok. Nggak mampunya gimana? Nggak mampu bayar UP 25 juta dan BOP 7.500.000, kah, maksudnya? Lho, siapa yang suruh kamu bayar segitu? Hehehe. Itu cuma buat yang menyanggupi aja, kok. Kamu punya hak untuk mengajukan BOP-B agar besarnya biaya pendidikan kamu disesuaikan dengan kemampuan penanggung biayamu. Jadi, jangan patah semangat, ya. UI nggak akan mengeluarkan kamu karena masalah biaya. 🙂

2. Apakah BOP-B itu beasiswa? Harus pinter, dong?

Jawab:
Bukan. Kamu udah bisa lulus SIMAK, kan? Itu berarti kamu pinter! Hehehe. BOP-B bukan semacam beasiswa untuk yang pintar (baca: jenius, berprestasi olimpiade, dll) seperti itu, kok.

3. Berarti BOP-B untuk yang tidak mampu, ya?

Jawab:
Bukan juga. BOP-B adalah mekanisme pembebanan biaya sesuai dengan kemampuan orang tua. BOP-B adalah hak seluruh calon mahasiswa baru (camaba) UI reguler 2010. BOP-B tidak membutuhkan SKTM. Ikuti saja prosedur yang ada. 🙂

4. Kenapa harus ada rekomendasi tetanga? Apakah untuk membuktikan bahwa saya benar2 tidak mampu?

Jawab:
Tentu saja bukan. Melainkan untuk mengonfirmasi bagaimanakah keadaan keluarga kamu. Itu saja. 🙂

5. Katanya nanti disurvey, ya?

Jawab:
Kalau ada gap. Oleh sebab itu, isi sejujur-jujurnya dan sebenar-benarnya, ya. 🙂

6. Form BOP-B ribet, ya?

Jawab:
Tidak memilih cara pembayaran BOP-B sejak awal berdampak tidak bisa diupdatenya besaran BOP di tahun berikutnya (kecuali kondisi sangat khusus). Jadi, daripada keadaannya seperti ini, jauh lebih baik mengikuti BOP-B dan mendapatkan besaran yang sesuai berdasarkan hitungan BOP-B. Nggak ada yang ribet kalau kita mau. 🙂

7. Wah, setelah melihat formnya, apa kata orang UI kalau saya tetap mengajukan BOP-B — padahal saya punya semua (baca: fasilitas) yang harus didata di form tersebut?

Jawab:
BOP-B bukan berarti diperuntukkan untuk orang-orang yang tidak punya fasilitas sama sekali. Justru dengan mendata apakah kamu punya mobil, motor, televisi, dll, maka UI akan bisa menetapkan pembebanan biaya sesuai dengan kemampuan penanggung biayamu. BOP-B bukan beasiswa untuk orang tidak mampu, melainkan mekanisme penetapan besaran biaya.

8. Apakah BOP-B saya pasti dikabulkan seluruhnya?

Jawab:
Kita diminta menuliskan kesanggupan membayar untuk melihat perhitungan kemampuan kita sendiri. Namun UI akan meng-compile-nya dengan data yang kita lengkapi di form untuk bisa benar2 menentukannya sesuai dengan kemampuan. Jadi, hasilnya bisa saja sangat persis dengan permintaan kita, atau bisa jadi tidak.

9. Kalau saya mintanya 1.000.000 (di bagian kesanggupan), kejauhan banget, ya, dari 7.500.000? Jangan-jangan nanti malah nggak dikabulkan, ya?

Jawab:
^_^ Tulis aja sesuai dengan kemampuan. Nggak ada kata nggak dikabulkan gara2 mintanya kemurahan, kok. Besarnya biaya yang kamu sanggupi sama sekali nggak akan mempengaruhi status penerimaan kamu. Ini, kan, bukan ujian mandiri semacam itu. 😀 “Peluang diterimanya di UI tidak berkaitan dengan besaran Biaya Pendidikan yang sanggup dibayarkan. Secara akademis mahasiswa tidak dibedakan hak-haknya berdasarkan besaran Biaya Pendidikan yang dibayarkan. UI menjamin tidak akan mengeluarkan mahasiswa dengan alasan ketidakmampuan ekonomi dari orang tua atau penanggung biaya kuliah mahasiswa tersebut.”

10. Apakah saya bisa mengajukan BOP-B di tengah-tengah?

Jawab: BOP-B hanya bisa diajukan di awal. Di tengah, pengaju BOP-B di awal bisa melakukan update besaran BOP-B (yang akan diproses di fakultas masing-masing).

11. Apakah saya bisa mengupdate BOP-B nanti?

Jawab:
Update BOP-B hanya untuk kondisi sangat khusus dengan disertai bukti yang kuat. Peluang penetapan besaran biaya tanpa kondisi khusus ada di awal masuk universitas (camaba).

12. Maksudnya disuruh konfirmasi daftar ulang atau tidak itu gimana, ya?

Jawab: tinggal klik pilihan akan mendaftar ulang saja di account pendaftaran SIMAK-mu. 🙂

13. Saya sudah melakukan konfismasi akan mendaftar ulang di account pendaftaran SIMAK UI saya, namun saya menunda mengonfirmasi cara pembayaran karena takut salah. Sekarang, setelah berdiskusi dengan orang tua, saya akan mengajukan BOP-Berkeadilan. Tapi, kok, begitu saya buka account saya, langsung tertulis “Anda telah mengkonfirmasi: akan mendaftar ulang.”, ya? Apakah saya sudah tidak bisa mengajukan BOP-B?

Jawab:
Memang tidak semua orang akrab dengan teknologi. Salah satu contohnya adalah anak yang sedang kebingungan ini. Dia cemas karena seharusnya, jika ia tidak menunda konfirmasi cara pembayaran, ia akan bisa langsung masuk ke halaman “biaya pendidikan” secara otomatis. Tapi kali ini tidak. Padahal sebenarnya, dia tetap bisa masuk ke halaman tersebut, meski tidak otomatis. Halaman tersebut bisa diakses dengan mengeklik kotak “biaya pendidikan” di sebelah kotak “hasil seleksi”. Di halaman tersebut ada kotak hijau, klik bagian “cara pembayaran”. Halaman berikutnya akan keluar 3 pilihan. Jangan sampai salah mengeklik, karena akibatnay sangat fatal, yaitu tidak dapat diubahnya lagi pilihan tersebut.
Intinya, memang masih banyak sekeliling kita yang butuh bimbingan teknologi, apalagi dalam keadaan sangat-khawatir-tidak-jadi

-diterima-di-kampus-idamannya, kesalahan bisa terjadi terutapa karena “yang penting diterima” — meskipun itu membayar penuh, meskipun sebenarnya ia tidak begitu mampu.

14. Kapan pengumumannya?

Jawab:
Tanggal 25 Mei. Buka account dan jangan lupa baca dengan CERMAT, ya. 🙂

SELURUH penerima SIMAK UI 2010 jenjang S1 Reguler mempunyai hak untuk membayar biaya kuliah sesuai dengan kemampuan,
more info: Ridha 02194244924

Salam Progresif-Inklusif

sumber: BEM UI 2010

20 thoughts on “Seputar pertanyaan terkait BOP-B

  1. vince berkata:

    permisi agan-agan senior sekalian,saya maw numpang tanya..itu pengisian form prediksi BOP-B yang ad sbelum simak ui dilaksanakan,apakah mempengaruhi penilaian bop-b dari pihak UI?

    • suwegad berkata:

      sepetngetahuan kami, pengisian prediksi bop b sebelum simak itu juga ikut berpengaruh. kami pernah diberi info dari bem bahwa untuk pengisian prediksi jangan dibuat main-main karena akan berpengaruh juga.

  2. ritz berkata:

    saya ingin bertanya seputar biaya ui lebih rinci lagi…. tentang uang pangkal, biaya per sks untk IPA n IPS, biaya semester,

    terimakasih

    • Rida berkata:

      BOP:
      100.000 – 5.000.000 untuk humaniora
      100.000 – 7.500.000 untuk sains.

      UP:
      0 – 5.000.000 untuk FKM, FMIPA, FIK, dan FIB
      0 – 10.000.000 untuk FISIP, FH, FE, dan FPsi
      0 – 25.000.000 untuk FK, FKG, FT, dan Fasilkom

      • ichaa berkata:

        Apa sih itu biaya UP, DPP, DKMF, BOF..? yang mana yg seharusnya harus dibayar untuk camaba? trus kalau yang lulus SNMPTN bgmna?

      • ritz berkata:

        makasih kakak tas informasinya….. oiya kalo boleh aku tanya lagi…
        aku mencoba masuk ui lewat UMB, nah apa BOP-B itu hanya berlaku pada simak ui aja??
        apa dri umb ataupun snmptn bisa? caranya?
        danke…

      • zulmi90 berkata:

        BOP-B berlaku buat semua jalur masuk S1 reguler. jadi klo kamu keterima di UMB atau di SNMPTN kamu juga bisa ngurus BOP-B

  3. Dinda berkata:

    Mau tanya, kalo blum smpat konfirm cara pembayaran tapi udah ditutup bgmana?Tapi udah konfirm daftar ulang? Apa langsung dianggap bayar penuh? Tapi blum dianggap mengundurkan diri kan? Makasih

    • suwegad berkata:

      Nggak gitu, faktanya besaran biaya bop yang udah ditetapi di tahun pertama, akan jadi besaran biaya yang harus dibayarkan setiap semesternya sampe mahasiswa lulus. Tapi, kalau memang nantinya mahasiswa mengharapakan adanya perubahan karena ada perubahan kondisi keluarga atau semacamnya, mahasiswa boleh mengajukan update bop, yaitu penyesuaian kembali besaran biaya berhubungan dengan perubahan kondisi keluarga.

      • jery berkata:

        ehmmmmmmmmmmm,gitu ya,
        ya udah dech,ku bkal belajar yg rajin buat di trima di ui,selagi ku bulan dpan udah msuk ke klas 3,

        tapi, klo di fk gmna?,tetap muyrah ya?
        cz ku ingin bgt msuk ke fk ui

  4. suwegad berkata:

    bagus dong kalo udah persiapan dari sekarang…
    di fk juga sama, aturan bop berkeadilan juga berlaku…

    SEMANGAT!!! tetap berjaung….

  5. ghina berkata:

    kak, saya lulus snmptn di ui dan lagi ngurus bop. tp tadi waktu saya ngisi bop online saya salah memasukkan penghasilan ortu. seharusnya masukin penghasilan ayah dan ibu tp saya pilih penghasilan ayah saja.

    dan ternyata data itu sudah tersimpan dan tidak bs diubah..
    apa itu mempengaruhi hasil bop nanti kak?
    apa masih bisa diubah?
    mohon bantuannya kak..
    terima kasih..

  6. lis berkata:

    Maaf, saya mau bertanya tentang jalur masuk UI yang PPKB. Setelah diterima, kira2 berapa biaya yang harus dikeluarkan ya untuk fakultas ekonomi?
    lalu penentuan SPP per semester itu berdasarkan apa ya?
    terima kasih sebelumnya..

  7. tabitobi berkata:

    Kak mau tanya,kalo salah milih konfirmasi pembayaran gimana?saya kira BOPB itu bisa diajukan setelah konfirmasi jadi saya memilih membayar penuh.Bisa ganti konfirmasi tidak atau bagaimana?
    Makasih kak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s