Tentang Clubban

Clubban UI (CLUB MAHASISWA BANYUMAS UNIVERSITAS INDONESIA)

Mungkin waktu pertama kita denger nama clubban, hal pertama yang terlintas di kepala kita adalah “itu nama makanan ya?” (baca kluban). Ternyata bukan, Clubban UI lengkapnya merupakan suatu paguyuban mahasiswa asal Banyumas yang kuliah di kampus UI. Jadi anggotanya ya anak-anak Banyumas yang notabene fasih berbahasa ngapak, hmmm kira-kira gitu deh.

Sampai saat ini Clubban UI telah memiliki kira-kira 36 anggota aktif dari berbagai angkatan (2005-2009), hmm cukup sedikit ya buat ukuran paguyuban daerah, dibandingin paguyuban daerah lain sih. Tapi kita yang penting kualitas kok, bukan kuantitas. (^^), kalo ditotal dari alumni dan lainnya kira-kira berapa ya? Aku juga ga tahu..hehe

Anggota Clubban juga heterogen, heterogen disini maksudnya ada anggota cewek dan ada anggota cowok (ya iyalah), lalu ada dalam berbagai macam fakultas dan jurusan, juga berbagai macam sekolah (khususnya daerah Banyumas dan sekitarnya). Tapi walaupun gitu clubban tetap kompak dan tetap solid kok.hehe

Sejarah Clubban

Ko bisa sih namanya Clubban? Yupz, para founding fathers’nya clubban pada waktu itu sebenarnya ingin banget membentuk suatu paguyuban daerah. Tujuan awal didirikannya clubban ada 3, yaitu:
1. Memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya dan memberikan presepsi yang sebenar-benarnya tentang Universitas Indonesia kepada khususnya siswa-siswi yang berada di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya.
2. Membantu MABA (mahasiswa baru) dalam registrasi dan masa-masa awal saat kuliah. Khususnya MABA yang berasal dari Kab. Banyumas dan sekitarnya.
3. Menjalin silaturahmi antar mahasiswa-mahasiswi Kab Banyumas dan sekitarnya yang berada di UI.*

Kira-kira tujuannya kaya gitu teman-teman. Lalu kenapa namanya clubban? Ya biar bagus aja sih, kan namanya keren aja gitu. Beda dari yang lain,haha

Clubban sendiri didirikan pada tanggal….tanggal berapa hayo?? 9 April 2004. (sebentar lagi ulang tahun nih.hehe). berarti dah lumayan lama juga yah clubban eksis.hehe

CLUBBAN UI

Clubban saat ini

Seiring perkembangan jaman, makin banyak anak-anak Banyumas yang masuk ke UI. Sementara itu juga, Clubban UI menjadi besar (anggota jadi makin banyak) dan juga menjadi lebih dikenal (khususnya di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya). Alhamdulilah..

Setiap tahun Clubban UI selalu melakukan presentasi ke SMA-SMA seBanyumas, tujuannya ya tadi, untuk memperkenalkan UI kepada siswa-siswi SMA se-Banyumas. Jujur aja, minat anak-anak Banyumas ya lumayan sedikit lah buat masuk UI (menurut pengalaman), banyak yang lebih memilih ke PTN yang lain. Mungkin dengan banyak pertimbangan, seperti jarak, biaya hidup, juga biaya kuliah. Well, ga masalah sih, presepsi orang kan berbeda-beda.

Tahun ini Clubban UI seperti melakukan Transformasi (wues), kenapa?ada apa? Tahun ini Clubban telah melakukan suatu acara yang besar, yaitu URBAN 2010 (UI-ers road to Banyumas 2010). Acara ini terdiri dari 2 kegiatan, yaitu Roadshow SMA se Banyumas dan sekitarnya dan juga Try out SIMAK UI dan SNMPTN. Alhamdulilah acara tersebut telah terlaksana dengan baik, dan tahun ini animo siswa-siswi Banyumas meledak (lebay) dari tahun-tahun sebelumnya.

*sumber : Amiruddin Zul Hilmi, Akun/2007
Depok 15 February 2010

23 thoughts on “Tentang Clubban

  1. desti berkata:

    minta tlg krm soal tryout nya krn anakku rencana mau ikutan di UI tapi tinggal gak di banyumas, kami di pekanbaru, jadi gak bisa ikutan try out masuk ui.

    • suwegad berkata:

      maaf, untuk saat ini panitia belum bisa mengirimkan naskah soal try out. karena naskah soal masih dalam tahap penyusunan. naskah soal akan kami kirimkan pada hari H acara URBAN. trima kasih

    • suwegad berkata:

      saat ini kami belum bisa mengumumkan hasil try out disini.
      namun, segera dalam waktu 3 x 24 jam kami akan umumkan hasil try outnya. terima kasih

  2. wakhid bahagia berkata:

    terimakasih untuk Clubban ui, informasi yang diberikan, sangat membantu saya dalam menentukan studi lebih lanjut…

    fr: wakhidbahagia
    -Pekanbaru-

  3. suwegad berkata:

    @wakhid bahagia:

    kami dari CLUBBAN UI akan sangan senang bila bisa membantu teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

  4. Wkwkwk. Ibu aku asli jkt. Tpi pndah k pwt lowh. Alhmd,, ibu q kmrn satu2 na yg d trma d FKUI dri pwt,jateng.. Gla,,kmrn lburan blan dsember, q d ajak ibu k FKUI gr2 ibu da praktek gto. Q kliling2,gdung na amazing. Fantastic dah. TOP bwd UI.

  5. hehehhe
    jadi ingat jaman aku kuliah dulu, mbikin juga oraganisai mahasiwa Banyumas di Solo, teptnya UNS
    namanya mirip, yaitu KLUBAN
    cuma kepanjangannya : Keluarga Banyumas
    filosofinya seperti kluban itu sendiri

    eh aku nganggo basa banyumasan bae sih ngapa?

  6. Dihari nan fitri ini, ijinkan saya untuk meminta maaf atas segala salah dan khilaf..

    Minalaidzin wal faidzin
    Mohon maaf lahir dan batin.

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
    “Raih Berkah Kesucian”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s